Jumat, 04 Januari 2013

5 CM

Lama gak update blog ini gara-gara nggak dapet-dapet feel buat nulis. Padahal ya.. cukup banyak film-film yang saya nonton selama ini. Cuman ya.. namanya niat manusia hahaha

Back to the topic, kali ini sebuah karya tentang mimpi dan cita-cita yang diperjuangkan oleh 5 sahabat dan 2 cinta, 5CM


 Dibuka dengan pengenalan tentang 5 sahabat. Kelima sahabat tersebut antara lain adalah Arial (Denny Sumargo), Ian (Igor Saykoji), Genta (Fedi Nuril), Riani (Raline Shah), dan yang terakhir Zafran alias Juple (Herjunot Ali).


Pertama, Arial. Arial mungkin adalah tipe cowok impian para cewek. Badannya yang besar, dan hobi ngegym membuat Arial tampak menarik. Namun, siapa sangka, Arial ini selalu gugup apabila berkenalan dengan cewek dan selalu membawa kecap kemana-mana.
Kedua, Ian. Diantara yang lainnya, Ian sendiri yang belum juga wisuda. Mungkin, ini semua dikarenakan karena :
  1. Sering main game
  2. Sering makan mie
  3. Sering nonton filbo/bokep
  4. Info: ngefans banget sama Happy Salma.
Mungkin karma.
Ketiga, Genta. Genta ini selama 10 tahun bersahabat dengan 5 sahabat, sangat populer dikalangan cewek-cewek. Tapi cuman ada satu cewek yang tetap jadi fokus penglihatannya, yaitu Riani. Yang lain juga heran, kenapa Genta nggak segera mengajak Riani untuk jadian.
Keempat, Riani. Riani adalah tipe sahabat yang baik. Dia cantik, dan perhatian kepada  para sahabat-sahabatnya.
Kelima, Zafran alias Juple. Musik dan Puisi mungkin separuh hidupnya. Ia sering tiba-tiba menjadi puitis. Dan satu lagi, Zafran menyukai adik Arial, Ardinda (Pevita Pearce). 

Suatu hari, saat mereka sedang berkumpul berlima dirumah Arial, Genta mempunyai ide untuk break dari sahabat-sahabatmya dulu karena takut bosan. Riani semula tidak setuju. Namun, akhirnya mereka sepakat untuk break selama 3 bulan. Dalam 3 bulan itu, mereka dilarang untuk bertemu, telepon, maupun sms. Disaat tanggal mereka bertemu, 14 Agustus, Genta akan mengajak kelima sahabatnya untuk melakukan sebuah petualangan yang tidak akan pernah terlupakan.

Selama 3 bulan itu, mereka tidak saling bertemu. Bahkan bertelepon. Genta merasakan rindu kepada Riani, Riani merasakan rindu terhadap seseorang, Arial mulai berani untuk mengajak berkenalan seorang cewek di gym, Ian mulai berusaha untuk menuntaskan skripsinya, dan juga Zafran, yang sibuk teleponan dengan Dinda.

Seminggu sebelum 14 Agustus, Genta mengirim pesan kepada semuanya untuk membawa semua peralatan yang dibutuhkan. Dan juga, Dinda minta ikut dalam perjalanan kali ini. 

14 Agustus pun tiba, dalam 4 hari, mereka akan berpetualang bersama. Genta, Zafran, Arial, Dinda, dan Riani sudah tiba di stasiun. Namun sayangnya, saat kereta sudah mau berangkat, Ian belum juga datang. Saat kereta mulai berjalan, Ia malah baru datang. 


Ian pun, dengan dibantu Genta segera berlari untuk mengejar kereta. Kereta tersebut mengantar mereka berenam ke Malang, tempat dimana petualangan mereka dimulai. Selama perjalanan, mereka melihat pemandangan yang sangat indah. Sungai mengalir lembut, sawah-sawah yang mulai menguning.. Betapa indahnya Indonesia..
"Negeri ini indah sekali, Tuhan. Bantu kami untuk menjaganya.." - Zafran
Sesampai di Malang, mereka pun segera menuju tempat tujuan yang telah dipersiapkan oleh Genta, Gunung Mahameru. Disana, mereka akan mendaki, mencapai impian mereka bersama. Mereka yakin, kalau mereka pasti bisa sampai ke Puncak Mahameru, Puncak dari Gunung tertinggi di Pulau Jawa, Semeru. Melihat indahnya samudera awan..
"Maka kita hanya perlu, hanyalah kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat keatas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras baja, dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya, serta mulut yang akan selalu berdoa.” - Genta, Ian, Arial, Riani, Zafran, Dinda
 Mereka pun mulai mendaki. Bermula dari desa terluar, mereka mendaki dengan perjuangan keras demi mencapai puncak Mahameru. Banyak halangan yang akan menghadang mereka. Mulai dari kehabisan air minum, capek, terluka, kedinginan. Semuanya mereka lalui demi meraih impian mereka, berdiri di puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa. 

Sampai akhirnya mereka sampai di kawasan Kalimati. Disana, aktivitas Gunung Mahameru mulai terasa. Abu vulkanik mulai menghujani mereka. Dalam gelap, mereka mencari tempat untuk beristirahat. Setelah itu, mereka pun beristirahat dan  akan melanjutkan pendakian ke puncak Mahameru yang sebenarnya. 
Tinggal sedikit lagi mereka mencapai impiannya. Tapi bukan berarti kalau rintangan semakin mudah. Malah, inilah yang disebut dengan pendakian yang sebenarnya. 
"Selain Doa, hanya disiplinlah yang akan menyelamatkan kita." - Genta
 Pendakian yang sebenarnya dimulai dari jam 2 pagi. Medan yang dilalui ini berat. Selain medan tanjakan yang curam, tanah yang berpasir dan berbatu, belum lagi resiko teertimpa batu dari atas.
Mereka berenam pun mulai berjalan bersama dengan para pendaki lain. Hari masih gelap, namun itu semua harus mereka lakukan demi impian mereka.... Sayangnya, Arial tiba-tiba merasakan kedinginan. Rasanya seperti seluruh tubuhnya ditusuki oleh jarum-jarum. Keempat sahabatnya serta Dinda segera merapat untuk mengahangatkan Arial.

Saat hari mulai terang, mereka mulai berjalan di tempat yang sangat curam. Namun, tiba-tiba datanglah batu dari atas. Genta dapat segera mengelak. Namun, Arial terpeleset dan malah jatuh. Sang adik, Dinda tentu saja segera merangkak turun untuk menolong kakaknya. Namun tak disangka, sebuah batu yang berukuran cukup besar menghantam kepalanya. Ian yang masih belum sadar akan kedatangan batu-batu tersebut, juga terkena lemparan batu di dahinya hingga pingsan.


Dinda, tetap tersadar. Namun bagian telinganya mengeluarkan darah. Ia tidak dapat mendengar suara apapun kecuali dengingan yang mengganggu. Beruntung, 5 menit kemudian, telinga Dinda dapat mendengar secara normal.
Ian pun juga langsung dihampiri oleh kelima sahabatnya. Ia segera diberi pertolongan pertama oleh Genta. Namun, Ia tidak bergerak sama sekali. Yang lainnya sudah mulai panik dan menangis, takut akan kehilangan Genta. Beruntung, tiba-tiba Genta bangun dengan wajah yang innocent dan kebingungan.

Setelah insiden itu, mereka melanjutkan mendaki ke Puncak Mahameru. Mereka, akhirnya dapat melihat indahnya samudera awan. Mereka sampai diatas awan. Dalam pencapaian itu, Zafran diberi kehormatan untuk memimpin mereka menuju ke puncak tertinggi di Pulau Jawa...


Mereka akhirnya... berhasil.
Berhasil menaiki puncak tertinggi di Pulai Jawa.
Mereka berhasil meraih impian mereka. 
Mereka berhasil.

Ketika kita mempunyai mimpi, kita tidak boleh meletakkannya menempel didahi, tapi biarkanlah mimpi itu menggantung 5 cm di depan dahi kita, agar kita bisa terus mengawasinya dan berusaha untuk mencapainya -  Zafran


Well, nggak heran kalo 5 cm penjualannya bahkan sampai mengalahkan The Raid. 5 cm emang bener-bener amazing! Gacuma segi cerita, tapi juga angle-angle  pengambilan gambar yang keren banget. Keindahan-keindahan dari Gunung Semeru diperlihatkan. Membuat kita ingin juga melihat indahnya samudera awan...
But,  beberapa adegan emang agak konyol hahahaha. Adegan si Ian yang selalu membangga-banggakan mie, adegan Riani yang selalu minta kuah mie, adegan Zafran yang takjub sama g-stringnya Ardinda LOLOLOLOLOL

Overall, 4,8/5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar