Sabtu, 08 Juni 2013

Inglourious Basterds

Ketika Perancis dibawah kekuasaan NAZI Jerman...



Kolonel Hans Landa (Christoph Waltz) sedang mendata keberadaan kaum Yahudi di Perancis. Ia pun memulai untuk menyelidiki Perrier LaPadite (Denis Ménochet), seorang peternak susu. Semula, semua berjalan lancar, namun Hans Landa berhasil membuat Monsieur LaPadite mengaku bahwa ia menyembunyikan sepasang anak Yahudi. Sang adik tewas, namun sang kakak, Shosanna (Mélanie Laurent) berhasil lari sambil membawa dendamnya terhadap NAZI. 
Setting lompat beberapa tahun kemudian, Shosanna sudah tumbuh menjadi wanita muda yang kuat. Ia menyamar menjadi seorang warga Perancis, pemilik sebuah bioskop. Suatu hari, ia bertemu dengan Fredrick Zoller (Daniel Brühl), seorang anggota militer NAZI. Zoller, tampaknya tertarik dengan Shosanna, namun sebaliknya Shosanna membenci Zoller karena ia seorang Jerman NAZI.

Shosanna and Fredrick Zoller.

Shosanna, sebagai pemilik bioskop yang akan digunakan untuk premier film Pahlawan Jerman (sang pahlawan adalah Fredrick Zoller), berencana ingin membakar bioskop tersebut, bertujuan untuk memusnahkan NAZI. Namun sialnya, ia kembali harus berurusan dengan Hans Landa. Semangatnya untuk memusnahkan NAZI pun semakin berkobar.

Sementara itu, berkumpulah sekelompok orang yang menamakan kelompaknya sebagai The Basterds. Mereka adalah sekolompok tentara bayangan yang terlatih yang beranggotakan Yahudi-Amerika. Kelompok ini dipimpin oleh Letnan Aldo Raine (Brad Pitt). Kelompok ini pun dengan segera meneror anggota NAZI di Perancis. Banyak anggota NAZI yang ketakutan setiap mendengar "Bear Jew", salah satu anggota The Basterds yang bernama Sersan Donny Donowitz (Eli Roth). Hingga sang Fuhrer pun marah dan melarang penyebutan kata Bear Jew.

Bear Jew and his baseball bat. 

Lalu, sebagai sekutu, Inggris mengirimkan agennya untuk mengebom tempat Premier film yang akan dihadiri oleh banyak petinggi NAZI. Sang agen adalah Letnan Archie Hicox (Michael Fassbender). Ia bersama dengan anggota The Basterds lainnya berencana akan menemui Bridget von Hammersmark (Diane Krueger), seorang bintang film yang merupakan agen ganda. Namun, semua itu gagal karena Mayor Hellstrom (August Diehl) mengacau rencana mereka. Malah, semua orang ditempat itu terbunuh, kecuali von Hammersmark, yang cidera. 

Wrong three, Letnan!

Namun rencana harus tetap berjalan, The Basterds tetap akan menyerang bioskop itu. Akhirnya, meskipun dengan kondisi kaki yang digips, von Hammersmark tetap mendatangi acara tersebut. Sebagai ganti Letnan Hicox, akhirnya Aldo Raine, Donny Donowitz, dan Omar Ulmer sebagai pengiring von Hammersmark di acara tersebut. 
Melihat kaki von Hammersmark yang cidera, Hans Landa pun curiga. Apalagi melihat ketiga pria yang mencurigakan... Berhasilkah mereka memberantas NAZI? Bagaimana rencana balas dendam Shosanna?
"Say auf Wiedersehen to your Nazi 
 balls." -Sgt. Hugo Stiglitz 


One word to say: BADASS! Tarantino bener-bener keren! Walaupun ceritanya memang agak ngawur dan sejarahnya meleset banget, yang jelas ini menghibur. Penampilan aktornya juga ngga kalah keren. Bahkan peran sekecil Hugo Stiglitz saja, membuat kita berdecak kagum. Wow! 
Dan yah, sebagai (yang katanya) suka film berdarah, bener-bener keren! Adegan menguliti kepala dan mengukir tanda NAZI di dahi benar-benar bikin shock, tentu saja. 
Dan bicara tentang trademark, adegan full kaki kali ini tampaklah kaki indah milik Diane Krueger. Ngga cuma sekilas, tapi closeup, seperti biasanya. Selain itu, film ini juga membuat Christoph Waltz memperoleh Academy Awards dalam nominasi Best Performance by an Actor in a Supporting Role! 

Intinya, jika kamu menyukai film berisi darah-kegilaan-humor-dan cerdas. Wajib!

Salam, Hail! Hitler.
4.5/5

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar