Selasa, 25 Juni 2013

Hesher [SPOILER ALERT]

"Hesher was here!"


Film garapan Spencer Susser ini menceritakan tentang kehidupan seorang remaja bernama T.J. (Devin Brochu) yang berubah semenjak kedatangan Hesher (Joseph Gordon-Levitt) di kehidupannya.

T.J., semula hidup berbahagia dengan Ayahnya, Paul (Rainn Wilson) dan ibunya. Sayangnya, kehidupan T.J. dan Paul menjadi berantakan sejak kematian ibu T.J. karena kecelakaan. Ayah T.J. menjadi depresi karenanya. Sedangkan T.J. menjadi terobsesi untuk membeli mobil rongsokan bekas kecelakaan yang merenggut nyawa ibunya. Paul dan T.J. lantas tinggal di rumah nenek T.J. yaitu Madeleine (Piper Laurie). Lalu dengan segera, bertemulah T.J. dengan Hesher, seseorang dengan asal-usul tidak jelas.


T.J. pun menjadi korban bully Dustin (Brendan Hill), teman sekolahnya karena dituduh melakukan vandal terhadap mobil temannya. Beruntung, ia diselamatkan oleh seorang pegawai toko yang bernama Nicole (Natalie Portman). Lalu, datanglah Hesher kerumah T.J. untuk menumpang. T.J. yang ketakutan dan tidak mau terkena masalah kembali berusaha mengusir Hesher. Namun, apalah daya, Hesher tetap menumpang di rumah Grandma Madeleine. 

Tak lama kemudian, Hesher membakar mobil Dustin. Karena hal ini, T.J. sempt diperiksa oleh polisi. Namun, T.J. tidak dihukum apapun. T.J. yang merasa jatuh cinta kepada Nicole pun memutuskan untuk mengintainya. Hesher yang mengetahui ini pun malah menggoda T.J., bahkan menyuruhnya untuk segera berhubungan seks dengan Nicole. T.J. jelas saja menolak namun terus mengintai Nicole. 


Setelah itu, T.J. dan Paul bertengkar saat makan malam. Grandma Madeleine yang melihat itu semua sedih dan menganggap bahwa dirinya tidak berguna. Hesher pun berusaha menghibur Grandma Madeleine dan berjanji untuk mengajaknya jalan-jalan besok. Namun, keesokan harinya, Hesher menemukan Grandma Madeleine sudah meninggal. T.J. mencuri kartu ATM ayahnya, lalu menggunakan uangnya untuk membantu Nicole membayar surat tilang.
Namun tak disangka, T.J. menemukan bahwa Nicole dan Hesher sedang berhubungan seks. T.J. pun mengamuk dan menyalahkan Hesher atas semua kesialan yang terjadi, ia juga mengatakan bahwa Nicole adalah seorang pelacur. T.J. mengatakan tidak mau melihat mereka berdua lalu pergi.

T.J. lalu menemui Dustin dan memaksa Dustin untuk mengatakan dimana mobil rongsokannya. Dustin mengatakan mobil itu ada di tempat pembuangan sampah. Dustin yang hendak memukul T.J. pun langsung diserang oleh Hesher. Bukannya berterimakasih, T.J.malah memarahi Hesher agar jangan menemuinya lagi. T.J. pun segera datang ke tempat pembuangan sampah. Ia masuk ke mobil itu lalu tertidur dan memimpikan hari dimana ibunya meninggal. Ia terbangun ketika mobil itu hendak dihancurkan. 

Ia pun pulang kerumah untuk bersiap ke pemakaman neneknya. Nicole pun datang kerumah T.J. untuk meminta maaf. Di Gereja, sebelum ke pemakaman, Hesher tiba-tiba datang dengan setengah mabuk. Ia pun menceritakan tentang kisahnya sewaku muda.

"I pulled this gas tank from an old Chevy. I wanted to blow it up, so I did. What I didn't think about was all the little bits of metal that were going to fly out in every direction. I almost killed myself. I woke up in this hospital and this doctor was like, "Son..." and I said "Don't call me son, you fucking cunt." And he was like, "You blew off your nut." pause I just lost my nut, like that. I went fucking crazy. I assaulted a nurse or a doctor, I don't really remember. I got arrested. I went to juvee. All I could think about was my fucking nut, man. I'm missing a nut. What am I going to do? I had to go looking for it, right? So I busted out of juvee and I went searching. I couldn't find my nut. pause Well, there was this one night I was sitting there and I was taking a shit and I was looking at my balls and I was staring at this little piece of flabby sack where my left nut used to be. And then I saw my right nut for the first time. I was like FUCK MAN, MY NUT! Look I have one, I still have a nut. Right? It's a good nut, it works. God or the fucking devil or whoever the fuck it is you know he left me with one good nut. I still have a fucking nut and it works. And my fucking dick works too. pause Okay, you lost your wife. And you lost your mom. I lost my nut." - Hesher. 



Setelah itu, Hesher pun mengatakan ingin melanjutkan janjinya, yaitu mengajak Madeleina jalan-jalan. Jadi, ia pun mengambil peti Madeleine, mendorongnya hingga ke pemakaman. T.J. dan Paul lalu mengikuti Hesher, untuk mengajak jalan-jalan Madeleine yang terakhir kali. 
Keesokan harinya, Paul mulai bercukur. Dan T.J., ia menemukan bongkahan mobilnya yang rusak dari Hesher. Tak lupa, Hesher pun menuliskan sesuatu diatap rumah T.J. : HESHER WAS HERE!





Menonton film ini: FUN! Dengan blackcomedy yang emang agak kasar (dan guyonan jorok Hesher) ditambah drama tentang kehilangan orang kesayangan, Hesher paduan pas untuk mengisi waktu luang!
Beberapa adegan sempet bikin spontan berpikir "Gile lu Sher!" ngajarin nenek-nenek nge-bong ganja? Menghancurkan rumah seseorang yang bahkan tidak dikenal? Well, Hesher can do it!

Namun, dalam film yang sama, saya berhasil dibuat tersentuh. Nenek yang terabaikan, satu-satunya yang perhatian hanya Hesher.. Lalu T.J. yang merindukan ibunya serta harus terkena bully. Well, it's awe!
Hesher was here!
3.8/5


Tidak ada komentar:

Posting Komentar