Selasa, 21 Agustus 2012

Pertelevisian Indonesia


Halo. Kali ini saya gabakal memuja-muja sebuah karya indah mengharukan dan akan membuat kita
berdecak kagum. Well, kali ini saya bakal mengkritik (kalo gamau dibilang menghujat sih) karya-karya tv Indonesia. Lah. Tontonan tv? Gatau deh post ini bakal sepanjang apa.
Oke mulai apa ya.. Sinetron? Well maybe.

Sinetron? Atau Opera Sabun yah mungkin. Atau serial? Tapi kalo serial kebagusanlah. Soalnya kata ‘serial’ lebih cocok buat acara-acara macam.. CSI:New York, Lie To Me, Smallvile, Supernatural atau Baywatch maybe? Nghahaha masa kejayaan Pamela Anderson dan kroni-kroninya Halah kok malah bahas mbak/tante Pamela Anderson. Oke kita kembali kepada, Opera Sabun.
Jadi Opera Sabun masih terbagi dalam beberapa jenis yah. Saya bakal bahas satu persatu #okesip


1.      Opera Sabun untuk ibu-ibu
Opera sabun untuk ibu-ibu ini bertipikal, seorang wanita miskin dari desa yang herannya cantiiiiik banget yang baru aja kekota. Lagaknya sok dari desa, bahasanya dimedok-medokin (padahal yo luwih medokan aku timbang artis Jakarta sing nyoba ngomong medok) atau paling gak dilugu-luguinlah. Dia kerja dikantor yang bosnya judes tapi ganteng banget terus jatuh cinta padahal bosnya udah punya cewek. Terus temennya si cewek desa tadi ada yang ganteng juga terus suka cewek desa tapi kere. Terus akhirnya cewek desa kawin sama bos kaya. Terus akhirnya ibunya si bos yang seumuran tapi muka sok ditua-tuain dan dimenor-menorin ga setuju. Tapi neneknya si bos setuju. Tapi walau begitu si bos tetep cinta dan menganggap mereka tidak akan bias dipisahkan forever after until die. Tapi si temen kere menabrak si bos. Si bos amnesia dan mbuletlah ceritanya. Mati aja lo.
Atau gini. Ada suami istri. Suaminya anak lelaki pertama dikeluarganya dan punya adik laki juga. Dan bapak ibuknya masih idup. Dan sudah dipastikan si sulung bakal dikasih harta warisan paling gede soalnya dia yang paling ganteng, paling baik hati, paling pinter dan rajin di perusahaan bapaknya. Tiba-tiba Bapaknya jantungan! Tapi si bungsu seneng soalnya dia bakal dapet warisan. Tapi si bungsu sadar bakal dapet warisan dikit. Dan dia berusaha menyingkirkan kakaknya! Dia disuruh istrinya yang jahat dan culas bagaikan medusa (atau gorgon) untuk menyingkirkan kakaknya. Adiknya yg dongo pun menurutinya. Dan seterusnya. Taelah.
Well, pangsa pasar opera sabun ibu-ibu emang begitu sih. Dan biasanya bakal dipilih pemeran cowoknya lelaki tampan berumur mateng. Sekarang mungkin idolanya macem Dude Herlino atau Tengku Wisnu (Kalau dulu sih mungkin Adam Jordan atau Anjasmara. Sahrul juga sih). Dan si pemeran charming girl biasanya kelenjar air matanya kering banget soalnya kebanyakan nangis. Biasanya yg meranin Nikita Willy atau Shiren Sungkar.

2.       Opera Sabun untuk remaja
Well, ini mengarah ke alay dan kelabilan super tinggi sih ya. Kehidupan sinetron ini bohong semua apalagi pas masa SMA. YANG DI TV ITU SEMUA BOHONG!!. Mana ada anak sekolah pake rok diatas lutut dan baju superketat kaya mau dugem. Terus herannya seragamnya kotak-kotak terus atau garis-garis terus atau abu-abulah. Mereka ngga pernah pake seragam training olahraga atau seragam pramuka (sekolah macam apa ini?!) oh ya, selain seragam peralatan mereka ngga masuk akal pake banget. Asesoris, oke kaya mau dugem. Kalung super gede dan panjang manic-manik belum gelang. Cowonya juga pake kalung terus tas mereka taelah banget, tas anak-anak SMA moso cuman tas ibu-ibu yang dicangklong samping?! Bukunya taruh mana?!
Terus sekolahannya gamasuk akal banget. Kehidupannya apalagi. Mereka ngga pernah belajar sedikitpun. Mereka cuman main, pacaran, rebutan cowok, ceng-cengin cowok main basket, ngemall, malah kadang ngedugem.
Kegiatan sekolah mereka juga super absurd! Mereka cuman digambarin rame pas pelajaran, istirahat, sama ulangan dadakan. Dan malah di Putih Abu-Abu (sekilas liat, gara-gara ganti-ganti channel) mereka ada girlband-girlband-an super duper absurd. Lagu yang kancrut. Sok kecentilan. Mentolo tak jungkrakno di sawah berlumpur. Dan kebanyakan isinya cuman pensi.. setahun pensinya berapa kali tuh sekolah? -______-  Udah ah males banget hahaha
Rata-rata pemerannya adalah artis remaja sih ya. Dan mereka ngga ada yang mukanya jelek (yaiyalah) mereka (hampir semua) berwajah semi bule gitudeh, Such as: Steven Collin (bener gaksih namanya?) atau sapadeh gatau hahaaha.

3.       Opera Sabun untuk anak-anak
Biasanya ada di MNCTv nih. Yang terparah dan terburuk dari semua yang ada. Well, dua kategori diatas masih bisa akting yahh artisnya. Ini? Udah artisnya tidak dikenal, orang-orang figurannya kaku banget, jelek (ketauan banget kalau orang-orang ini dicomot dari pinggir jalan eh gatau deh)  dan bahkan mengajak balita yang mungkin cebok eek aja belum bisa buat main sinetron. (ex: Doo be doo, Maafin Baim(?), dan ribuan lain di MNCTv) But, the worst is, Animasinya ituloh?! Oke ini ditujukan buat pangsa anak-anak yang mungkin daya imajinasi dan khayalnya tinggi banget. Cuman.. please don’t do that .. Coba deh perhatikan Dewi Bintari or something else mereka gagal banget. Udah anak-anak balita yang belum bisa cebok diajakin main (dan pastinya muka mereka cuman bisa bengong hahok-hahok poker face gitu), orang tua yang gabisa akting (mereka biasanya jadi pembantu si anak kecil. Dan poker face banget  > -____-) itu semua diperburuk dengan adanya (mencoba) animasi yang buruk!
Liat langitnya! Well, masih mending. Liat adegan berantemnya! yang menggunakan kekuatan tenaga dalam yang mengeluarkan sinar-sinar laser itu. BURUK!!! ASTAGHFIRULLAH. Dan buat departemen animasi, Fuck You. You just made every children in Indonesia (who they parent have bad taste too) stupid! Kalian mau nyamaain Hollywood (yang jelas mereka pake CGI, dan budget besar tentunya) tapi gabisa dan pastinya gapunya uang (atau kurang?) jadi hasilnya adalah pertarungan laser menjijikan antara kubu hitam dan putih yang membela gerombolan anak balita belum bisa cebok yang main sinetron walaupun gabisa akting.
Well, seburuk-buruknya departemen animasi, lebih WTF lagi adalah, Produsernya! Iya! Dia yang berkuasa dan punya duit tapi gamau bikin yang berkualiatas. Dia terus bikin sesuatu yang membuat (mungkin) masa depan pertelevisian Indonesia tambah buruk!

That’s my opinion dude. Kalau kalian menyadari opera sabun Indonesia buruk berarti kalian normal. But if you think that every Soap Opera is absolutely awesome and excellent you must be crazy. Go to psikiater dude.
Well mungkin post selanjutnya akan bahas acara musik, reality show mungkin, sama talk show, dan kuis-kuis, atau malah acara komedi?
Please give me more Excellent Serial!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar