Selasa, 14 Agustus 2012

Shuter Island

Why are you all wet, baby? - Teddy Daniels


Bersetting tahun 1952, Teddy Daniels (Leonardo DiCaprio) adalah seorang Marshal AS yang bertugas untuk menyelidiki hilangnya tahanan gila di Shutter Island bersama rekannya, Chuck Aule (Mark Rufallo). Yah bukan hanya tahanan biasa, tapi juga gila. Bangunan yang suram di pulau terpencil yang hanya bisa dijangkau oleh Ferry ini semakin terlihat misterius.
Saat mulai memasuki gerbang penjara, keganjilan dari para penjaga mulai tampak. Terlihat seperti ada sesuatu yang ditutup-tutupi..
Peraturan pun tampak dibuat seketat mungkin. Senjata harus diserahkan pada penjaga. Dan aturan ketat lainnya.


Akhirnya, diketahuilah oleh Teddy dan Chuck bahwa tahanan yang kabur itu bernama Rachel Solando. Padahal, keadaan penjara tersebut sangat ketat dan tidak ada jalan keluar untuk tahanan. Kecuali dengan menembus dinding. Seperti yang dikatakan oleh Dr. John Cawley (Ben Kingsley). Hal ni semakin membuat Teddy penasaran, bagaimana cara Rachel keluar dan tentu saja, dimanakah Rachel Solando sekarang.
Penyelidikannya bersama Chuck pun semakin serius dalam memecahkan kode yang ditinggalkan Rachel dalam sebuah catatan. Yaitu, angka 67. Semua orang termasuk Teddy dan Chuck sendiri tidak bisa memecahkan kode tersebut.

Namun, lama-kelamaan pihak penjara semi rumah sakit jiwa ini semakin menutup-nutupi kenyataan yang ada. Pencarian Teddy dan Chuck terhadap Rachel pun dipersulit. Masalah pribadi Teddy pun semakin menambah beban Teddy. Berkali-kali Teddy bermimpi dan teringat akan istrinya yang sudah meninggal, Dolores (Michelle Williams) dan anak-anaknya yang ternyata juga sudah meninggal.
Perlahan-lahan tangan Teddy pun mulai terasa kaku dan mati rasa, Teddy menduga kalau ini adalah ulah rumah sakit. Dengan memberi semacam penenang dalam rokok atau makanannya.


Walau berusaha, Teddy masih terus bermimpi tentang istrinya. Sementara itu, Teddy mengatakan kepada Chuck bahwa lebih baik kita pulang daripada terperangkap di pulau menyesatkan ini.
Suatu saat, rumah sakit pun mengatakan bahwa Rachel Solando telah ditemukan. Tapi, ada sesuatu yang ganjil dari Rachel yang ini. Dia tampak seperti tidak punya jiwa...

Tiba-tiba Chuck menghilang entah kemana. Teddy pun berkeliling pulau sendirian untuk mencari Chuck. Tiba-tiba disalah satu goa yang ada, ia menemukan.. Rachel Solando yang asli!
Rachel memperingatkan bahwa selamanya Teddy tidak akan bisa keluar dari pulau ini. Karena satu-satunya transportasi, Ferry dikuasai oleh pihak penjara. Rachel pun mengatakan bahwa penjara akan membuatmu berhalusinasi dan gila.. agar kau dapat dipenjara di Shutter Island..

Dimanakah Chuck? Apa yang sebenarnya terjadi? Apakah Teddy benar-benar melakukan penyelidikan atau ia yang gila?

Well, film ini.. untuk sekali lagi (setelah Inception) Leonardo DiCaprio bener-bener keren! Lupakan kisah cinta super romantis ala Titanic atau Romeo+Juliet. Lupakan Leo jadi koboy baby face di film The Quick And The Dead..
Disini Leo bener-bener keren :* aktingnya jenius! Berlakon serba linglung dan penasaran.. Kebingungan antara mimpi dan dunia nyata..
Oke, sang Sutradara Martin Scorsese sangat jenius dalam meramu film yang awalnya sebuah novel karya Dennis Lehane. Kita diajak menyusuri apa yang terjadi dengan pulau itu.. Ada proyek apa sebenarnya.. Oh ya, standing applause buat tim special effect dong hahaha. Adegan mimpi Leo waktu hujan abu bener-bener keren..



Well, 4.5/5 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar